Cara Kerja Mata Uang “Crypto” – Tinjauan Singkat Bitcoin, Ethereum & Ripple

“Crypto” – atau “mata uang kripto” – adalah jenis sistem perangkat lunak yang menyediakan fungsionalitas transaksional kepada pengguna melalui Internet. Fitur terpenting dari sistem ini adalah sifatnya yang terdesentralisasi – biasanya disediakan oleh sistem basis data blockchain .

Blockchain dan “mata uang kripto” telah menjadi elemen utama zeitgeist global baru-baru ini; biasanya sebagai akibat dari “harga” Bitcoin yang meroket. Ini telah mengarahkan jutaan orang untuk berpartisipasi di pasar, dengan banyak “pertukaran Bitcoin” mengalami tekanan infrastruktur besar-besaran saat permintaan melonjak.

Hal yang paling penting untuk disadari tentang “crypto” adalah bahwa meskipun sebenarnya memiliki tujuan (transaksi lintas batas melalui Internet), itu tidak memberikan keuntungan finansial lainnya. Dengan kata lain, “nilai intrinsiknya” sangat terbatas pada kemampuan bertransaksi dengan orang lain; BUKAN dalam penyimpanan/penyebarluasan nilai (seperti yang dilihat kebanyakan orang), untuk informasi kripto lebih lengkapnya di Dunia kripto.

Hal terpenting yang perlu Anda sadari adalah bahwa “Bitcoin” dan sejenisnya adalah jaringan pembayaran – BUKAN “mata uang”. Ini akan dibahas lebih dalam dalam satu detik; hal yang paling penting untuk disadari adalah bahwa “menjadi kaya” dengan BTC bukanlah kasus memberi orang kedudukan ekonomi yang lebih baik – ini hanyalah proses untuk dapat membeli “koin” dengan harga rendah dan menjualnya lebih tinggi.

Untuk tujuan ini, ketika melihat “crypto”, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerjanya, dan di mana “nilai” sebenarnya terletak…

Jaringan Pembayaran Terdesentralisasi…

Seperti disebutkan, hal utama yang perlu diingat tentang “Crypto” adalah bahwa itu sebagian besar merupakan jaringan pembayaran terdesentralisasi . Pikirkan Visa/Mastercard tanpa sistem pemrosesan pusat.

Ini penting karena menyoroti alasan sebenarnya mengapa orang benar-benar mulai melihat proposisi “Bitcoin” lebih dalam; ini memberi Anda kemampuan untuk mengirim/menerima uang dari siapa pun di seluruh dunia, selama mereka memiliki alamat dompet Bitcoin Anda.

Alasan mengapa ini mengaitkan “harga” dengan berbagai “koin” adalah karena kesalahpahaman bahwa “Bitcoin” entah bagaimana akan memberi Anda kemampuan untuk menghasilkan uang dengan menjadi aset “crypto”. Tidak.

HANYA cara orang menghasilkan uang dengan Bitcoin adalah karena “kenaikan” harganya – membeli “koin” dengan harga rendah, dan menjualnya dengan harga JAUH lebih tinggi. Sementara itu berhasil dengan baik bagi banyak orang, itu sebenarnya didasarkan pada “teori orang bodoh yang lebih besar” – yang pada dasarnya menyatakan bahwa jika Anda berhasil “menjual” koin, itu akan menjadi “orang yang lebih bodoh” daripada Anda.

Ini berarti bahwa jika Anda ingin terlibat dengan ruang “crypto” hari ini, pada dasarnya Anda ingin membeli salah satu “koin” (bahkan koin “alt”) yang murah (atau tidak mahal), dan mengendarainya harga naik sampai Anda menjualnya nanti. Karena tidak ada “koin” yang didukung oleh aset dunia nyata, tidak ada cara untuk memperkirakan kapan/jika/bagaimana ini akan bekerja.

Pertumbuhan Masa Depan

Untuk semua maksud dan tujuan, “Bitcoin” adalah kekuatan yang dihabiskan.

Reli epik Desember 2017 menunjukkan adopsi massal, dan sementara harganya kemungkinan akan terus tumbuh hingga kisaran $20.000+, membeli salah satu koin hari ini pada dasarnya akan menjadi pertaruhan besar bahwa ini akan terjadi.

Uang pintar sudah melihat sebagian besar koin “alt” (Ethereum/Ripple dll) yang memiliki harga yang relatif kecil, tetapi terus tumbuh dalam harga dan adopsi. Hal utama yang harus diperhatikan dalam ruang “crypto” modern adalah cara di mana berbagai sistem “platform” sebenarnya digunakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment