Ulasan Acer XB273K: Monitor Gaming G-SYNC 4K HDR 144Hz

Acer XB273K S (Acer Predator XB273K Sbmiprzx) adalah monitor gaming IPS 27″ 4K 144Hz dengan modul G-SYNC khusus. Ada dua monitor lagi dengan nama yang mirip:

  • Acer Predator XB273K GP (Acer Predator XB273K Gpbmiipprzx); Kompatibel dengan G-SYNC
  • Acer Nitro XV273K (Acer Nitro XV273K Pbmiipphzx); Sinkronisasi Gratis Premium

Kedua model ini didasarkan pada panel yang sama dengan XB273KS, tetapi alih-alih menggunakan modul G-SYNC asli, mereka menggunakan Adaptive-Sync untuk kecepatan refresh variabel, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan lg 27gp950 monitor gaming freesync 4k 160hz 1ms.

Kualitas gambar

Acer XB273K didasarkan pada panel AHVA (IPS) oleh AU Optronics.

Ini menawarkan pencahayaan puncak 350-nits (400-nits untuk konten HDR), rasio kontras statis 1.000:1, dukungan kedalaman warna 10-bit melalui dithering (8-bit + 2-bit FRC), 90% DCI- Gamut warna P3 berkat teknologi quantum dot, sudut pandang 178 derajat, dan kecepatan waktu respons 4ms.

Berkat warna yang ditingkatkan quantum-dot, kecerahan puncak 400-nits yang layak, dan kalibrasi pabrik kelas profesional (Delta E <1), monitor Acer XB273K memberikan peningkatan penting pada kualitas gambar standar; Ini memiliki sertifikasi DisplayHDR 400 entry-level VESA.

Resolusi 4K UHD memastikan kualitas gambar sejernih kristal serta banyak ruang layar karena kepadatan piksel yang kaya 163 PPI.

Meskipun cukup berat untuk dikendarai, terutama pada frame rate yang lebih tinggi, setidaknya Anda tidak perlu menggunakan anti-aliasing untuk menghilangkan efek tangga akibat resolusi rendah.

Unit Acer XB273K kami tidak memiliki pancaran IPS yang berlebihan dan pendarahan cahaya latar atau cacat lainnya seperti piksel mati/macet.

Lampu latarnya bebas kedip, yang, bersama dengan filter cahaya biru rendah terintegrasi, mencegah sakit kepala dan ketegangan mata yang disebabkan oleh penggunaan layar dalam waktu lama, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Kinerja input lag Acer XB273K sangat baik dengan hanya ~5ms delay, yang tidak terlihat dalam penggunaan nyata.

Selanjutnya, kecepatan waktu respons 4 ms (GtG – abu-abu ke abu-abu) secara efektif menghilangkan sebagian besar objek tertinggal yang bergerak cepat untuk pengalaman bermain game yang lancar dan mulus.

Sekarang, untuk mendapatkan 144Hz, Anda perlu melakukan overclock monitor dari kecepatan refresh asli 120Hz ke 144Hz di menu OSD (On-Screen Display), yang akan membatasi output warna dari Full Range RGB 4:4:4 ke YCbCr 4:2:2 subsampling kroma.

Kompresi ini akan membuat teks dan elemen tertentu di desktop tampak agak buram, tetapi tidak terlihat di video game kecuali jika ada banyak teks yang terlibat.

Jika Anda ingin menggunakan kedalaman warna 10-bit, Anda akan dibatasi hingga 98Hz. Karena sebagian besar game terbatas pada warna 8-bit, dan karena tidak ada perbedaan besar antara warna 8-bit dan warna 10-bit, sebaiknya gunakan 4K pada 120Hz.

Sebaliknya, model Adaptive-Sync monitor ini memiliki dua input DisplayPort, yang memungkinkan 144Hz pada 4K tanpa kompresi warna. Namun, ini juga memiliki kelemahan; jika Anda menggunakan kedua port, Anda tidak dapat menggunakan VRR atau HDR.

Pada Acer Predator XB273K, Anda dapat menggunakan G-SYNC hingga 144Hz, dan Anda mendapatkan rentang VRR yang lebih luas yaitu 30-144Hz dibandingkan 48-120Hz pada model Adaptive-Sync.

Selain itu, Anda dapat menggunakan G-SYNC dan HDR secara bersamaan, sedangkan dengan model lainnya, Anda harus memilih antara VRR dan HDR.

Fitur

Selain G-SYNC, fitur game lainnya termasuk Aim Point – crosshair yang dapat disesuaikan dan Dark Boost, yang meningkatkan visibilitas objek di area gelap dalam video game.

Ada tiga profil gambar yang sepenuhnya dapat disesuaikan, serta beberapa preset gambar yang telah dikalibrasi sebelumnya. Anda juga dapat membatasi output warna ke ruang warna sRGB jika Anda membutuhkan reproduksi warna sRGB yang akurat untuk bekerja.

Menu OSD mudah digunakan dan mudah dinavigasi melalui joystick yang ditempatkan di bagian belakang monitor. Ada empat tombol pintas, tiga di antaranya dapat Anda gunakan sebagai pintasan untuk fungsi OSD tertentu (mode gambar, kecerahan, volume, overdrive, sumber input, dll).

Ada juga sensor bawaan yang dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan dan tingkat hitam sesuai dengan pencahayaan sekitar. Anda akan menemukan fitur yang disebut ‘SDR Variable Backlight’, yang memungkinkan peredupan lokal (hanya 3-4 zona) untuk rasio kontras yang sedikit lebih tinggi.

Fitur menarik lainnya adalah teknologi pencahayaan Ambient Glow RGB dengan dua belas LED yang dapat disesuaikan (warna, kecerahan, gaya) yang ditempatkan di bawah layar. Ada LED tambahan di bagian belakang monitor.

Desain & Konektivitas

Desain Gaming Monitors Acer XB273K 4K 144Hz cukup kokoh dengan bezel hitam matte yang cukup tebal.

Monitor dapat diatur ketinggiannya hingga 100mm, diputar +/- 20°, dimiringkan -5°/25°, atau dipasang VESA melalui pola 100x100mm. Anda tidak dapat memutar layar.

Pilihan konektivitas termasuk DisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, jack headphone, dua port USB 3.0 di samping (satu dengan pengisian cepat) dan satu upstream, dan dua port USB 3.0 downstream tambahan di bagian belakang monitor. Ada juga dua speaker terintegrasi 4W.

Port HDMI dibatasi hingga 60Hz pada 3840×2160, tetapi juga mendukung HDR, sehingga membuat monitor ini juga bagus untuk game konsol.

Selain itu, monitor ini memiliki lapisan layar anti-silau yang ringan, dilengkapi dengan tudung pelindung yang dapat dilepas, dan ada kipas pendingin aktif yang tidak berisik.

Leave a Comment